Senin, 27 Mei 2019

Perbedaan Template Blogger Premium dan Gratisan

Perbedaan Template Blogger Premium dan Gratisan
Perbedaan template blogger premium dan gratis - Sebenarnya untuk perbedaan antara template premium (berbayar) dan gratis (free) sebenarnya harusnya sudah dijelaskan oleh penyedia template saat sobat ingin membelinya atau mengunduhnya secara gratis.

Sebenarnya aku sendiri merasa diuntungkan dengan adanya template gratis yang telah disediakan oleh para pembuat template blog, karena dengan adanya template gratis tersebut kita bisa merasakan template tersebut sebelum kita ingin membelinya. Bahkan jika kita tidak mempunyai uang, kita bisa menggunakan beberapa template gratis yang telah disediakan.
Namun bagi banyak orang yang ingin lebih serius dalam dunia blogger, lebih memilih untuk menggunakan template premium, dengan berbagai macam alasan. Seperti ingin terlihat lebih profesional atau bahkan dengan alasan agar lebih  mudah diterima google adsense. Oleh karena itu berikut aku akan  merangkum perbedaan atau kekurangan dan kelebihan template premium dan template berbayar.


Perbedaan Template Blogger Premium dan Gratis

1. Footer Credit pada Blogger
Footer credits atau tulisan nama pembuat blog yang berapa di bagian  bawah blog sobat, tidak akan bisa hilang dengan menggunakan versi free. Biasanya footer credit tersebut berupa nama serta alamat website si pembuat template tersebut. Jadi biasanya jika sobat ingin mengindeks blog blog sobat di google search console, alamat web pembuat template pun ikut terindeks. Sobat pun tidak akan bisa menghapus nama pembuat template tersebut dengan nama sobat sendiri. Walaupun sobat berhasil mengubahnya tingkat SEO dalam template blog tersebut biasanya akan berkurang, atau bahkan template blog tersebut akan rusak. Oleh karena itu banyak yang lebih memilih menabung uangnya sedikit demi sedikit untuk membeli template premium yang mereka inginkan.


2. Banyak Fitur yang dikurangi pada Template Gratis
Biasanya template premium memiliki tampilan yang lebih menarik dibandingkan dengan versi gratisnya. Biasanya template gratis ini mempunyai tampilan yang lebih standar dibandingkan versi berbayarnya, biasanya tidak di dukung dengan sticky widget, contact us, bahkan sitemap keren dari si pembuat template tersebut.


3. Dokumen Tutorial Untuk pemula
Pada template gratis kadang tidak disertai dokumen atau tutorial untuk mengedit menu-menu dan widget yang ada pada template. Karena biasanya dokumen tutorial tersebut hanya disediakan oleh para pengguna premium. Jadi kita sebagai pengguna gratis harus belajar sendiri untuk mengedit tampilan blog.


4. Tingkat Kecepatan Blog
Pada template premium biasanya menawarkan kecepatan yang lebih baik dibandingkan versi gratisnya. Aku sendiri pun pernah mencoba beberapa template gratis, dan memang benar memiliki kecepatan atau skor SEO yang lebih baik dibandingkan template gratisannya.


Oleh karena itu, semua keputusan ada pada diri sobat sendiri, jika sobat tidak punya uang untuk membeli versi premium, sobat bisa menggunakan atau mencari template gratis yang disediakan pembuat template yang mempunyai kecepatan dan fitur yang setara dengan template premium dan SEO tersebut. Namun Jika ingin lebih serius di dunia blogger sebaiknya sobat membelinya atau jika sobat padam dengan kode-kode html dapat membuatnya sendiri. Jadi terserah sobat, mau pilih yang mana. Nah, begitulah kira-kira perbedaan template blogger premium dan gratis. Terimakasih hehehe.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon