Teknik dan Cara Optimasi SEO On Page - Optimasi SEO On Page untuk Blogger dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan halaman dalam  suatu situs atau SEO on page dan halaman luar situs itu sendiri atau  dikenal dengan istilah 
SEO off page
Kenapa SEO On Page harus lebih didahulukan?
Jika diibaratkan sebuah bangunan, membangun sebuah blog maka yang harus  terlebih dahulu dilakukan adalah membangun sebuah pondasi yang kuat agar  nanti bangunan tersebut menjadi kokoh serta tidak mudah  tergoyahkan. Begitu juga dengan membangun sebuah Blog, langkah awal yang  harus menjadi pertimbangan adalah meneliti setiap bagian (internal) sebuah blog dan berusaha untuk menjaga serta mengatur agar adanya  keseimbangan sebelum melakukan Optimasi SEO Off Page. Artinya kenapa  kita harus terburu-buru dalam melakukan optimasi keluar (Off Page), jika landasan awalnya sendiri belum siap. 
 Untuk itu, sebelum melangkah lebih jauh berikut hal-hal yang diperlukan sebagai landasan awal untuk membangun sebuah blog.
Pemilihan Template
Template adalah kerangka awal dimana sebuah blog akan dibangun. Pada  bagian ini kita dituntut untuk mengenal lebih dalam karakter sebuah  template. Jangan memilih sebuah template hanya dilihat dari tampilan  luarnya saja, tapi juga perlu dilihat struktur dalam template apakah  sudah baik dan bersahabat dengan mesin pencari.
Pengaturan Tag Heading (H1 - H6)
Ini merupakan hal penting yang harus diatur sedemikian rupa. Sesuai  dengan unsur yang dianjurkan search engine agar lebih dapat mengenali  sebuah blog. Sebaiknya, hindari penggunaan dua atau lebih Tag H1 pada  Postingan dan Halaman Statis. Selanjutnya baru pada sub judul kita  gunakan Tag H2 (heading 2) dan begitu seterusnya hingga ke Heading yang lebih kecil.
Konten atau Isi
Content Is King
 demikianlah yang sering dibicarakan  oleh para pakar SEO di seluruh dunia. Sekarang yang menjadi pertanyaan  adalah konten seperti apa yang bisa dibilang telah masuk dalam kategori  konten yang berkualitas?
 Menurut beberapa rekomendasi, yakni konten unik bukan hasil dari 
 itulah yang sering kita dengar mengenai penilaian konten yang  berkualitas. Namun tentunya tidak cukup hanya sekedar unik saja, masih  ada beberapa faktor lain yang akan membuat konten tersebut menjadi  berkualitas dimata search engine.
Menu atau Navigasi
Menu atau Navigasi pada blog dapat kita ibaratkan sebagai langkah awal  pemandu seorang pengunjung untuk melangkah lebih jauh ke dalam blog  kita. Kita bisa bayangkan, jika sebuah hotel mewah tanpa seorang  resepsionsis penyambut tamu. Tamu tidak akan tahu fasilitas apa yang  disediakan hotel yang ia kunjungi untuk membuat seorang tamu bisa betah  berlama-lama di hotel tersebut. Dan ada kemungkinan ia akan memutuskan  untuk berpikir mencari hotel lain yang mampu memberi rekomendasi tentang  hal yang dia butuhkan.
 Navigasi tersebut bisa berupa informasi utama seperti Halaman Kontak,  Tentang, Disclaimer, dan tak ketinggalan yaitu Sitemap atau Daftar Isi  sebagai bagian penting pada blog. Lalu dapat pula ditambahkan dengan  menu untuk Kategori dan lainnya.
 Dengan kelengkapan pada Menu tersebut maka akan sangat membantu  pengunjung dalam menemukan informasi yang ia cari. Serta akan menjadi  sebuah rekomendasi dari kita yang akan berkembang menjadi jalan penuntun  bagi pengunjung untuk terus menjelajah setiap artikel blog. 
 Tidak hanya itu, sistem navigasi yang baik akan membuka peluang sebuah  blog yang nantinya akan ditampilkan dengan Sitelink pada SERP khususnya  Google.
Judul Postingan
Judul Postingan mempunyai peran penting dan harus memenuhi unsur kata  kunci. Dalam hal ini diperlukan kreativitas dan ide, serta kemampuan  membaca potensi kata kunci yang akan diketik oleh calon pengunjung di  search engine.
 Unsur lain yang tidak kalah penting dalam penentuan judul artikel adalah  harus mempunyai relevansi dengan isi artikel bersangkutan. Untuk itu  kita bisa memasang sebuah widget artikel terkait yang biasa dipasang  setelah akhir dari sebuah artikel.
Navigasi Link Pada Konten
Pada sebuah blog, link yang menghubungkan satu halaman pada kehalaman  lain, sangat berperan penting untuk meningkatkan ranking. Fungsi ini  mirip dengan Menu Navigasi yang telah Saya sebutkan di atas. Link  tersebut berguna sebagai penunjuk bagi pengunjung saat mencari informasi  selanjutnya atau yang terkait. Biasanya link-link tersebut dapat  dalam sebuah widget artikel terkait yang biasa dipasang setelah akhir  dari sebuah artikel.
Pemilihan Kata Kunci
Kata Kunci atau keywords harus disesuaikan dengan Topik serta Judul  Artikel. Secara umum, kata kunci utama yang kita bidik diupayakan  mengandung unsur judul artikel dan relevan dengan isi konten. Dalam hal  ini sedikit penambahan kata untuk menambah peluang memperoleh pengunjung  yang menggunakan mesin pencari untuk menemukan Informasi. Sebaiknya  hindari kata kunci tunggal, karena hampir pada semua kata kunci tunggal  selalu akan berat persaingannya.
Pengaturan atau Peletakan Kata Kunci pada Konten
Pada sebuah artikel biasanya akan ada beberapa Paragraf, bagi dan atur  keywords utama pada setiap paragraf dengan pas dan seimbang. Jangan  menumpukkan kata kunci hanya pada beberapa paragraf saja. Rangkailah  kata kunci tersebut se-natural mungkin dan tersemat secara merata pada  beberapa bagian konten.
  Demikian sedikit tips SEO mengenai Teknik dan Cara Optimasi SEO On Page pada blog. Semoga bermanfaat.

EmoticonEmoticon