Minggu, 03 Maret 2019

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Pada Blog

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Pada Blog
Cara mengetahui kecepatan loading pada blog - Kecepatan loading atau proses memuat halaman pada blog adalah salah satu hal yang penting untuk kualitas blog kita. Blog yang memiliki loading yang cepat, responsive dan ringan tentunya lebih disukai oleh para pembaca dan mesin pencari itu sendiri.

Kita sebagai seorang blogger, harus mengetahui kecepatan blog atau template yang kita gunakan dan menomorduakan soal tampilan dari tema  kita. Karena pada dasarnya para pembaca bahkan aku sendiri pun lebih menginginkan loading blog yang cepat dan tidak membutuhkan banyak data untuk membukanya.

Bagi para blogger yang ingin mengganti template blognya, pastikan terlebih dahulu mengetahui kecepatan template tersebut sebelum memakainya.
Biasanya didalam suatu blog yang menyediakan beberapa template. Meletakkan link dan demo untuk melihat templatenya. Nah, link demonya itukan mengarah ke suatu blog percobaan, coba deh check blog tersebut, seberapa cepat loading templatenya. Jika dirasa lemot, skip aja, jika dirasa cepat, tinggal download deh.
Untuk itu, berikut beberapa situs yang dapat sobat saki gunakan untuk mengetahui kecepatan loading pada blog.

1. Cara Mengetahui Kecepatan Loading Pada Blog

a. PageSpeed Insights - Google Developers

PageSpeed Insights adalah situs milik Google yang digunakan untuk mengukur atau mengetahui kecepatan blog, baik itu pada tampilan Dekstop atau Seluler. Situs ini merupakan situs yang paling umum digunakan untuk melihat kecepatan blog. Hanya dengan memasukkan alamat blog kita, maka PageSpeed Insights milik google ini dengan cepat akan mengetahui kecepatan loading blog kita. Selain itu PageSpeed Insights ini juga dapat mendeteksi tentang performa blog kita dan memberikan beberapa solusi bagaimana cara memperbaikinya.
Dengan perhitungan skor sebagai berikut:
  • 90-100 = Kategori Cepat
  • 50-89 = Kategori Rata-rata
  • 0-49 = Kategoti Lambat
Cara Mengetahui Kecepatan Blog Dengan PageSpeed Insight

b. GTmetrix

Pilihan lain yang dapat kita gunakan untuk mengetahui kecepatan loading blog adalah Gtmetrix, situs ini juga merupakan situs yang banyak digunakan oleh para blogger. Banyak yang bilang bahwa situs ini adalah situs yang sangat akurat untuk mengetahui kecepatan suatu blog atau website yang kita miliki. Bahkan kita situs GTmetrix ini lebih detail menjelaskan apa saja yang membuat situs kita menjadi lambat dan memberikan solusi untuk mengatasi hal tersebut
Cara Mengetahui Kecepatan Blog Dengan GTmetrix

c. Pingdom Website Speed Test

Pilihan selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk mengetahui kecepatan blog adalah Pingdom Website Speed test, di situs ini kita dapat memilih test menggunakan server yang inginkan, mulai dari asia, eropa dan server lainnya. Di dalam situs ini juga kita dapat mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk memuat blog kita, data yang dibutuhkan untuk memuat blog, performa blog, dan beberapa fitur lainnya.

Itulah beberapa situs yang dapat kita gunakan untuk mengetahui kecepatan blog kita. Tidak sampai disitu saja, berikut saya akan membagikan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kecepatan blog kita.
Cara Mengetahui Kecepatan Blog Dengan Pingdom

2. Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Kecepatan Loading Blog dengan cara memperbaiki semua masalah

Ada beberapa faktor yang menyebabkan blog kita menjadi begitu lambat,  oleh karena itu saya akan membagikan tips berikut untuk menjaga dan mempertahankan kecepatan blog kita
  1. Pemilihan Template Blog (Tema), Sebelum memilih dan menggunakan template blog, sebaiknya di cek terlebih dahulu skor template tersebut, usahakan template blog yang ditawarkan memiliki kecepatan diatas 80%, agar pada saat menggunakan template tersebut dapat di optimasi kembali kecepatannya agar lebih super cepat. Aku sendiri sebenarnya menyarankan menggunakan template premium, namun ada juga banyak dari para master blogger yang menyajikan template gratis dengan kecepatan yang bagus pula. Jadi pilihlah yang menurut sobat baik untuk blog sobat.
  2. Gambar pada Blog, Gambar pada blog biasanya hal yang wajib digunakan untuk memperjalas artikel yang kita miliki, apalagi blog yang memiliki topik tutorial, tentunya lebih banyak menggunakan gambar. Sebaiknya sobat memperkecil terlebih dahulu ukuran gambar yang ingin sobat gunakan dengan cara mengklik disini. Aku sendiri biasanya mengubah formatnya terlebih dahulu dari JPG ke PNG agar memiliki size yang lebih kecil dan proses memuat blog pun jauh lebih cepat.
  3. Widget Blog, Widget juga termasuk salah satu faktor yang menyebabkan lambatnya loading pada blog. Sebaiknya gunakan widget yang sederhana dan yang penting saja, contohnya popular post atau widget label, agar blog sobat tidak terlalu terbebani.  Dan sebaiknya hindari menggunakan widget pihak ketiga, seperti widget pemutar musik, efek yang berlebihan ataupun widget yang tidak terlalu berguna lainnya, karena akan sangat mempengaruhi kecepatan loading blog.

Baca juga : cara mudah menghapus blog secara permanen.
Cukup sekian dari saya cara mengetahui kecepatan loading pada blog, serta apa saja faktor yang mempengaruhi kecepatan blog tersebut. Jika ada yang ingin ditambahkan bisa langsung menuju ke kolom komentar. Karena komentar yang baik, akan menghasilkan sebuah informasi yang baik juga. Terima kasih hehehe.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon