Aku  yakin sobat pernah nyari tugas sekolah maupun kampus di wikipedia, dan  melihat banyak kata aneh dan link-link aneh disana. Tapi saat ini, sobat  nyaris tidak pernah bertanya pada diri sendiri  mengapa Wikipedia bisa  sangat mendominasi halaman pertama dan peringkatnya tetap pada nomor 1  di google. Ituah yang menjadi inti artikel yang akan dibahas kali ini. 
Aku yakin, sobat tidak sempat mempertanyakan hal itu, karena menganggap wajar bahwa Wikipedia adalah situs besar yang sangat kaya akan konten. Tapi pernah gak kepikiran, situs web tersebut cara kerjanya gimana?. Kalau boleh aku menjawab, jawabannya adalah karna halamannya yang onpage. Yang artinya, wikipedia mengemas artikel postingan dengan sangat bagus dan rapi karena hubungan antar artikel saling berhubungan satu sama lain.
Aku yakin, sobat tidak sempat mempertanyakan hal itu, karena menganggap wajar bahwa Wikipedia adalah situs besar yang sangat kaya akan konten. Tapi pernah gak kepikiran, situs web tersebut cara kerjanya gimana?. Kalau boleh aku menjawab, jawabannya adalah karna halamannya yang onpage. Yang artinya, wikipedia mengemas artikel postingan dengan sangat bagus dan rapi karena hubungan antar artikel saling berhubungan satu sama lain.
Ini  menandakan bahwa, Wikipedia bermain dengan sangat bersih dan rapi. Ini   bukan cuma tentang backlink. Ada sesuatu yang lebih serius yang harus  sobat  perhatikan daripada hanya fokus membangun link. Untuk itu, mari  kita kupas habis bagaimana strategi onpage yang dilakukan oleh  Wikipedia.
1. Artikel yang Dibuat Sangat Ilmiah, Risetnya Sangat Akurat
Inilah  rahasia yang menjadikan Wikipedia besar seperti hari ini. Ini  pula  yang membuat orang berbondong-bondong membuat backlink secara  sukarela  karena menganggap Wikipedia sebagai ladang pencarian. Dengan mengikuti  cara kerja artikel yang mereka buat.
Tapi  sebelum itu, pernahkah sobat mendapati konten tak bermutu di Wikipedia?  Aku yakin pasti tidak pernah. Apa yang kita dapat dari Wikipedia   sangatlah berbobot dan memuaskan. 
Jadi, mempunyai konten dengan jumlah kata yang banyak saja masih belum cukup. Yang harus dibangun adalah kepercayaan dari pembaca. Bagaimana blog sobat bisa dipercaya oleh pembaca dan dijadikan rujukan mereka.
2. Jumlah Kata yang Sangat Banyak
Sekelebat  ingatan aku, jumlah kata yang ada di setiap konten di  Wikipedia  sangatlah banyak. Kalau dilihat-lihat sekilas, ada sekitar 1.000  kata.  Bahkan seringkali di atas 2.000 kata. Sungguh hebat bukan?
Ini  juga jadi jawaban yang sangat jelas. Bahwa jumlah kata mampu   berpengaruh terhadap posisi ranking konten di Google. Plus data-data   yang ditampilkan harus bertanggung-jawab, seperti yang aku sebutkan di  atas.
Tidak jarang juga konten-konten di sana menggunakan lebih dari 10 ribu kata. Yang membuat Wikipedia tetap berada di urutan 1 sampai saat ini.
Menurut hasil riset dari SerpIQ,   jumlah kata dalam artikel bisa mempengaruhi posisi konten di halaman  Google.  Rata-rata konten yang ada di halaman pertama Google mempunyai  2.000 kata  dalam kontennya.
|  | 
| Nah, jelas kan? | 
Aku sendiri sejak awal tahun 2016 sangat terobsesi dengan jumlah kata.   Beberapa riset aku lakukan dan hasilnya cukup menarik, 70% konten yang   dibuat dengan jumlah kata di atas 2.000 bisa masuk ke halaman pertama   Google. Tapi, seperti yang aku jelaskan di atas, harus trusted dan menarik. Mengandalkan jumlah kata saja tidak cukup.
Salah  satu alasan mengapa keyword itu bisa berada di posisi tersebut  adalah  menggunakan 10rb kata lebih di dalam kontennya. Meski aku akui,  konten  itu belum sempurna secara kualitas dan belum bisa dikatakan  menarik  (menurut aku), tapi mungkin nanti, bisa diperbaiki, sudah direncanakan  langkah-langkahnya oleh pihak Wikipedia.
3. Internal Link yang Bagus, Tertata, Rapi, dan Relevansi
Yap,  Wikipedia mempunyai jutaan konten. Yang setiap konten selalu  terhubung  dengan konten lainnya yang relevan. Ini juga yang menjadi  alasan  mengapa Wikipedia menjadi situs yang trusted yang lengkap. Ada  satu hal menarik yang aku amati terkait internal link di  Wikipedia yang  belakangan ini mau aku coba terapkan di beberapa blog yang aku kelola.  Hal menarik itu adalah anchor text dan permalink-nya, sering kali terlihat sama. Coba sobat masuk ke halaman Wikipedia ini dan hover setiap link yang ada, lihat bagaimana permalink yang digunakan.
Menarik  bukan? Ini yang jarang orang lakukan dan sadari. Aku sedang mencoba  perbaiki beberapa konten lama terkait hal ini. Misalnya, keyword yang  ingin aku taklukkan adalah cara menjadi blogger sukses, maka aku akan membuat judul 14 Cara Seru Menjadi Blogger Sukses Modal Internet, dan permalinknya seperti ini 
kucingnakal.com/cara-menjadi-blogger-sukses.Lalu ketika aku membuat artikel baru, dan sedang relevan dengan tema blog, aku akan membuat internal link dengan anchor text cara menjadi blogger sukses dan mengarahkannya ke konten tersebut. Kira-kira begitulah maksudnya.  Untuk lebih pahamnya lagi, sobat bisa baca penjelasan manfaat internal  link tersebut dibawah ini :
- Meningkatkan link-flow atau link-juice di website sobat, sehingga konten yang dituju juga ikut terangkat di Google rank.
- Anchor text yang sobat buat akan membantu Google memahami secara lebih akurat bahwa tema konten tersebut (yang dituju) benar-benar seperti yang dideskripsikan melalui anchor text.
- Internal link membantu robot Google untuk menelusuri bagian-bagian lain dari website sobat.
- Dari sisi manusia, tentu ini akan meningkatkan user experience. Pengunjung jadi lebih mudah menelusuri konten yang berkaitan yang menurut mereka menarik untuk diikuti. Menurunkan bounce-rate, dan meningkatkan pageviews.
4. Menempatkan Keyword di Awal
Harus  diakui, strategi ini masih berlaku sampai sekarang, dan Wikipedia  masih  menggunakannya. Dengan cara, menempatkan keyword di awal judul  dan awal  paragraf (deskripsi), untuk meningkatkan hubungan kata terkait  di mesin pencari google yang mengarah ke situs web mereka. Ini  buktinya:
|  | 
| Sample Pertama | 
|  | 
| Sample Kedua | 
|  | 
| Sample Ketiga | 
Entahlah,  banyak perdebatan seputar hal ini. Ada yang mengatakan  menempatkan  keyword di awal ini tidak penting, tidak memberikan efek.  Tapi nyatanya  Wikipedia menggunakan cara ini sampai saat ini. Dan aku pun mulai menggunakan cara ini, masih di contoh konten yang sama, “bang andre”. Agar terlihat SEO friendly.
Tidak hanya itu, hal menarik lainnya adalah Wikipedia menggunakan bold pada tiap keyword-keyword mereka, silahkan cek sendiri. Hal yang  menurut  beberapa kalangan juga tidak memberikan pengaruh terhadap mesin  pencari,  lagi-lagi Wikipedia menggunakannya. Dan aku pun menirunya untuk contoh  yang sama, “bang andre”.
5. Mempersiapkan ALT dan file-name yang Tepat di Setiap Gambar
Agak  menyita waktu tapi memberikan dampak yang signifikan. Itulah  yang  terjadi di Wikipedia. Silahkan sobat lihat hampir semua gambar yang   menempel di Wikipedia mempunyai ALT dan file-name yang deskriptif dan mengandung keyword (density).
Untuk  ALT-nya tidak terlalu lengkap, ada beberapa yang kosong, tapi  untuk  file-name seringkali terisi dengan baik dan nyaris sempurna.  Itulah  salah satu contoh mengapa Wikipedia masih menjadi situs web terbaik saat  ini. Silahkan cek halaman ini.
6. Menulis Secara Natural, Apa Adanya
Seperti saat aku membuat konten ini, per kalimat ini sudah mencapai  2.400-an kata, dan  nyatanya sobat masih saja membaca pelajaran ini bukan?  Karena aku menulis konten ini secara natural sehingga tetap nyaman  untuk dinikmati.
Sobat  pasti sering menjumpai konten yang sangat tidak enak untuk  dibaca.  Susunan kata tidak beraturan, dan informasi yang disampaikan  tidak  jelas (tidak meyakinkan), yang terjadi selanjutnya adalah sobat  pergi  begitu saja tanpa mengingat situs apa yang barusan sobat kunjungi.  Itulah mengapa, kita harus mempelajari cara optimasi SEO on page di  halaman situs web kita. Agar terlihat rapi, bermanfaat dan menarik saat dibaca oleh banyak orang.
Apakah sekarang sobat sudah mengerti maksudnya?. Jika iyah, aku ucapakan selamat. Jika belum, coba dibaca lagi deh dengan serius. Aku yakin sobat akan mendapatkan informasi tambahan didalam situs web sobat, untuk meningkatkan kualitas artikel postingan sobat menjadi lebih baik lagi. Itu aja sih menurut aku. Terima kasih.
Apakah sekarang sobat sudah mengerti maksudnya?. Jika iyah, aku ucapakan selamat. Jika belum, coba dibaca lagi deh dengan serius. Aku yakin sobat akan mendapatkan informasi tambahan didalam situs web sobat, untuk meningkatkan kualitas artikel postingan sobat menjadi lebih baik lagi. Itu aja sih menurut aku. Terima kasih.







EmoticonEmoticon